IGS Webinar Series – 2 : “Pengaruh Kebijakan Harga Gas terhadap Daya Saing Industri Indonesia”

 

Pemerintah beberapa kali telah merevisi kebijakan harga gas melalui Peraturan Menteri ESDM.

Berbagai faktor yang menjadi pertimbangan Pemerintah dalam menetapkan kebijakan harga gas tidak jarang memunculkan pro dan kontra para pihak pada rantai bisnis gas dan LNG di Indonesia.

Kebijakan tentang harga gas dan LNG yang dikeluarkan Pemerintah baru-baru ini dinilai lebih berpihak pada sektor hilir migas, yaitu dengan menetapkan harga gas di plant gate pembeli sebesar 6 USD/MMBTU. Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri ESDM No 8 Tahun 2020 tentang Cara Penetapan Pengguna dan Harga Gas Bumi Tertentu di Bidang Industri.

Sektor industri yang mendapat penurunan harga gas tetap sesuai Perpres 40/2016 yaitu pupuk, petrochemical , baja, keramik, petrokimia dan sarung tangan karet serta akan ditambahkan PLN.

Seyogyanya pemberian penurunan harga gas ini dapat meningkatkan daya saing industri yang mendapatkan insentif tersebut, yang pada akhirnya memberikan multiplier effect bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia.

 

Namun demikian, terdapat reaksi berbeda dari pihak upstream dan midstream dalam ekosistem bisnis gas dan LNG yang menarik untuk didiskusikan.

Selain itu, tentunya menarik juga disimak bahwa kondisi pasar gas internasional, khususnya pasar LNG di Asia Pasifik, di mana harga minyak turun menjadi “hanya” sekitar US$20/Bbl dan kondisi pasar LNG sendiri juga masih sangat lemah, maka harga LNG menjadi kurang dari US$3/MMBTU. Artinya harga LNG sendiri, justru masih jauh di bawah US$6/MMBTU seperti yang diamanatkan oleh Perpres dan Kepmen di atas.

Apa saja pendapat para pakar sebagai nara sumber dalam sesi ini terkait kebijakan harga gas, dan bagaimana melihat persoalan ini lebih jernih, terutama pada saat kondisi ekonomi dan kebutuhan energi yang berubah seperti sekarang ini, dan pasca COVID19? Solusi apa yang sebaiknya ditempuh Pemerintah dan para pengusaha?

Ikuti terus diskusi yang menarik melalui IGS Webinar Series yang akan membahas topik-topik sekitar Bisnis Gas dan LNG Indonesia Pasca COVID19.

 

Informasi Kontak:
– WA di 0812 9640 8181
– Email: secretariat@indonesiangassociety.com

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply